Theodore Boone, Kid Lawyer, Novel Hukum untuk Remaja

Resensi Buku

Oleh: Linocious

Judul: Theodore Boone, Kid Lawyer
Penulis: John Grisham
Genre: Fiksi thriller hukum.
Penerjemah: Monica Dwi Chresnayani
Penerbit: Gramedia
Cetakan: Pertama September 2010
ISBN: 978-979-22-6229-2
Halaman: 272
Ukuran 20 cm

Buat penggemar John Grisham, novelnya yang ini memang agak lain. Barangkali ditujukan untuk menjerat pembaca remaja untuk terbiasa dengan fiksi-fiksi hukumnya yang yahud itu. Ditulis dengan deskriptif, mengalir, plot ringan Kid Lawyer memang banyak menuturkan itstilah-istilah hukum yang manjadi ciri khas penulis piawai ini.

“Pengacara Cilik” bacaan ringan yang bisa dijadikan teman saat akhir pekan, dibaca Sabtu kelar Minggu, soalnya ditulis dengan gaya bahasa yang mudah, huruf standar, dan tidak begitu banyak diksi bahasa yang membuat pembaca mengerutkan kening. Bagi yang sudah terbiasa dengan novel-novel John Grisham, cerita kali ini barangkali agak mengagetkan, soalnya ditulis dengan sudut pandang remaja gaul.

Theodore Boone anak tunggal, pasangan pengacara sibuk terbiasa mengikuti kasus-kasus yang dihadapi oleh kedua orangtua mereka di tempat praktek yang sekaligus menjadi rumah mereka. Tak sengaja Theodore yang terlalu tahu banyak soal kasus ini terpaksa ikut masuk ke ruang sidang untuk sebuah kasus pembunuhan.

Duffy terlibat kasus pembunuhan, namun ada seorang pemuda yang melihat kejadian pembunuhan tersebut, dan Theodore tak sengaja tenggelam dalam pergulatan hukum tersebut temasuk menyelami kehidupan saksi-saksi yang berhubungan dengan kasus Duffy.

Kisah ini unik, Grisham membuat sebuah alur sederhana untuk membuat pembacanya penasaran. Tapi berhasilkah kesaksian Theodore menyelesaikan kasus Duffy di meja hijau? Ia memang baru hanya berusia 13 tahun, tapi gayanya keren kali bah! John memang berhasil jika ingin mengenalkan dunia hukum buat remaja.

Buat yang terbiasa dengan buku-buku beratnya John Grisham, cerita ini memang terasa membosankan dan ringan, tapi jangan buru-buru menampik, karena ada beberapa bagian misteri hukumnya menarik untuk disimak.  Tetap mengigit kog… (aih doggie kali ya? woof woof!) te o pe- lah pokoknya dikau John!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s